Kualitas udara China terus membaik pada tahun 2021

 


Aneka layang-layang terbang di udara dalam Festival Layang-Layang Internasional Weifang ke-38 di Weifang, Provinsi Shandong, China timur, pada 17 April 2021. (Xinhua/Zhu Zheng)


   BEIJING, 1 April (Xinhua) -- Lingkungan atmosferis China mencatatkan perbaikan pada 2021 setelah negara tersebut terus melakukan upaya untuk memastikan kualitas udara, kata seorang pejabat badan meteorologi setempat pada Jumat (1/4).


Pada 2021, densitas rata-rata PM2.5, indikator utama untuk polusi udara, turun 9,1 persen secara tahunan (year on year/yoy) menjadi 30 mikrogram per meter kubik di China, kata Xue Jianjun, Wakil Kepala Pusat Meteorologi Nasional China.


   Konsentrasi rata-rata ozon turun 0,7 persen dari konsentrasi rata-rata pada 2020 menjadi 137 mikrogram per meter kubik pada tahun lalu, imbuhnya.


   Xue juga menyampaikan bahwa upaya untuk membatasi hujan asam terbukti efektif di sebagian besar wilayah di seluruh China selama periode tersebut.


   Namun demikian, kadang terdapat hari-hari berpolusi tinggi karena kondisi meteorologis yang buruk, ujar Xue. Dia menekankan bahwa implementasi kebijakan pencegahan dan pengendalian polusi udara sebaiknya tidak dilonggarkan.  Selesai